Published 14.24 by

Cloudflare Layanan CDN gratis untuk performa dan keamanan web anda


CDN (Content Delivery Network) adalah sekumpulan server yang diletakkan di berbagai belahan dunia yang berfungsi untuk memberikan akses lebih cepat kepada pengunjung website.  Untuk permintaan pertama server cdn akan mengambil data statis seperti gambar, javascript, flash dll dari server utama yang selanjutnya akan disimpan sebagai cache di server cdn. Jika ada permintaan misalnya dari IP indonesia, maka server cdn yang merespon adalah server yang letaknya paling dekat dengan indonesia seperti singapura.

Dengan begitu fungsi dari CDN itu:

1. Mempercepat akses website
2. Menghemat bandwith

Nah sayangnya layanan CDN itu rata-rata tidak gratis, namun kamu bisa memanfaatkan layanan gratis dari Cloudflare. Cloudflare sebenarnya tidak hanya menyediakan layanan CDN Gratis, berikut ini fitur-fiturnya:
*CloudFlare CDN

Layanan CDN yang mempunyai 11 server diseluruh dunia seperti Singapura, Hongkong, Tokyo, San Jose, Dallas, Los Angeles, Chicago, Ashburn, Newark, Paris, Frankfurt dan Amsterdam
*CloudFlare Website Optimizer

Meningkatkan cara sumber daya pada beban halaman web Anda. Website merupakan kumpulan beberapa aplikasi, widget, dan tag yang mencakup segala sesuatu dari kode jaringan. CloudFlare Website Optimizer memastikan bahwa konten yang membentuk beban halaman web Anda secara optimal.
- Rocket Loader

Secara otomatis mengoptimalkan halaman Anda untuk meminimalkan jumlah koneksi jaringan dan memastikan bahkan konten pihak ketiga tidak akan memperlambat rendering halaman.
- Javascript bundling

Menggabungkan beberapa file CSS dan JavaScript ke permintaan tunggal untuk menghindari overhead dari beberapa permintaan jaringan.
- Asynchronous Loading Konten

Mengoptimalkan HTML Anda sehingga renders secepat mungkin dan tanpa perlu menunggu untuk script lambat seperti widget atau iklan. Halaman web Anda akan merasa lebih snappier.
*CloudFlare security

Ancaman online berkisar dari gangguan seperti spam komentar dan serangan berbahaya seperti injeksi SQL dan serangan DOS. CloudFlare memberikan perlindungan keamanan terhadap semua jenis ancaman dan lebih untuk menjaga website Anda aman.
*CloudFlare analytics

CloudFlare memberikan wawasan untuk lalu lintas situs Web Anda yang tidak bisa didapatkan dari program analisis lainnya. Selain analisis pengunjung, Anda dapat memantau ancaman dan crawler mesin pencari.
*CloudFlare Apps

CloudFlare apps dapat menginstal aplikasi web cepat, aman dan satu-klik sederhana . Mengintegrasikan layanan tambahan ke dalam situs web anda dan dapat meningkatkan pengalaman pengunjung Anda, meningkatkan bisnis Anda, dan memecahkan masalah nyata. Dengan aplikasi CloudFlare, integrasi sangat mudah, terlepas dari platform perangkat lunak Anda.

Jika berminat menggunakan Cloudflare silahkan register di https://www.cloudflare.com/, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Step 1. Enter Your Domain
Masukan domain kamu


Step 2. Check Your DNS
Cek DNS kamu, untuk yang tidak mengerti sebaiknya lewati saja

Step 3. Configure Cloudflare
Untuk yang tidak mengerti sebaiknya lewati saja

Step 4. Update Your Name Servers
Silahkan ganti Name Server (DNS)pada Domain kamu sesuai dengan Name Server yang diberikan Cloudflare
Tunggu sekitar 24 jam agar DNSnya benar-benar menyebar, selesai selamat mencoba Cloudflare

sumber refrensi : <lihat sumber>